DKP Tingkatkan Produksi Ikan Bawal dan Nila

Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten akan mengembangkan budidaya ikan bawal dan nila .

‘Setiap tahun target PAD yang diberikan terus meningkat dan untuk 2013 mencapai Rp1 miliar, atau naik dari tahun lalu yang hanya Rp560 juta,‘ kata Kepala DKP Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar Riyadi di Pandeglang, Rabu.

Untuk mencapai target PAD tersebut perlu mencari sumber-sumber pendapatan baru, dan yang akan kita lakukan diantaranya mengembangkan budidaya ikan bawal dan nila itu.

Pengembangan ikan tersebut, kata dia, bekerja sama dengan Balai Benih Ikan Sukabumi, yang nantinya akan memasok benih bawal dan nila ke Pandeglang.

Budidaya bawal dan nila itu, akan dilakukan di Balai Budidaya Ikan Laut di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Untuk kegiatan itu, lanjut dia, akan segera dibangun kolam satu dengan ukuran 8 meter x10 meter, sebanyak dua unit, yakni satu untuk bawal dan satu untuk nila.

‘Pada tahap awal kita lakukan masing-masing satu kolam dulu, jika perkembangannya bagus akan ditambah’ ujarnya.

Terkait pemilihanikan yang akan dikembangkan, menurut dia, karena bawal dan nila merupakan jenis ikan yang bisa hidup di air payau.

‘Di Balai Budidaya Ikan Laut Labuan banyak air payau, karena itulah kita memilih jenis bawal dan nila untuk dikembangkan di daerah itu,’ katanya.

(sumber: ciputranews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan