DKP Manggarai Tebar 20 Ribu Benih Ikan Nila Super di Kecamatan Lelak

Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Manggarai tahun 2013 ini, melakukan penebaran ulang (restocking) benih ikan nila super sebanyak 20 ribu ekor, di perairan umum Kecamatan Lelak, yakni di Desa Urang, Gelong, Natih dan Dele, untuk menjaga keseimbangan kualitas lingkungan perairan.

benih ikan nila super

Kepala DKPP Kabupaten Manggarai, melalui Kabid Perikanan Budidaya,Hendrikus Rana, S.Pi, selaku ketua team program Restocking, saat ditemui mengatakan, penebaran benih ikan atau ‘restocking’ ini sebagai salah satu upaya memenuhi ketersediaan bahan pangan atau konsumsi di alam seperti di perairan umum/kali/sungai yang berada di empat desa sasaran di Kecamatan Lelak.

Menurutnya, bahwa potensi perairan umum yang ada di wilayah ke empat desa tersebut, cenderung menurun jumlah hayati sektor perikanannya, ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat dalam penangkapan ikan yang menggunakan alat atau bahan kimia yang tidak berwawasan lingkungan. Akibatnya, menurunnya hayati perairan termasuk didalamnya jenis ikan dan juga mengganggu pelestarian sumberdaya alam secara umum.

“Digelarnya kegiatan ini juga untuk memberikan ruang terhadap masyarakat untuk secara bersama peduli dan menjaga atas kelestarian dan keamanan dari kemungkinan adanya upaya yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Terpisah, Kasie Pengawasan Lingkungan Budidaya, Penyakit dan Pengolahan Pakan DKPP Kabupaten Manggarai, Yuliana M.Momang, S.Pi, selaku sekertaris Program Restocking penyebaran benih ikan, menjelaskan bahwa lokasi penyebaran benih ikan nila di kecamatan lelak pada bulan agustus 2013, Desa Bangka Dese disebarkan di (Wae Nampe Bakok, Wae Dese, Embung Lalang, Wae Ngantol, Wae Teku), Desa Gelong di (Wae libim, Wae Ndehang, Wae Kokak), Desa Nati di ( Wae Sarong, Wae Compang Rega, Wae Pau, Wae Dongkil), Desa Nati di ( Wae Lando, WaeGulang, Wae Belawang).

Menurutnya, dalam waktu dekat ,program ini akan dilanjutkan di beberapa kecamatan di kabupaten manggarai. Dia berharap seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat di lokasi penyebaran benih ikan mendukung program ini dengan kebijakan lokal/aturan lokal/peraturan desa dalam rangka mencegah terjadinya penangkapan ikan secara ilegal yang merugikan masyarakat sendiri dan atau lingkungan hidup.

(sumber: suarakpk)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan