DKP Kota Kupang Bantu Masyarakat Tingkatkan Potensi Perikanan

Tahun 2014, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kupang akan memaksimal potensi-potensi pada bidang perikanan di Kota Kupang kepada masyarakat lewat bantuan pemberdayaan masyarakat pesisir dan bantuan pengembangan pembudidayaan ikan air tawar bagi masyarakat diwilayah pesisir yang berprofesi sebagai nelayan, demikianlah yang dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Thomas Jansen Ga.

Pasar Ikan Oeba di Kota Kupang

“Bantuan untuk pengembangan Potensi-potensi perikanan akan diberikan oleh pemerintah dalam rangka menaikan taraf hidup masyarakat kota kupang, khususnya masyarakat pesisir dan nelayan,” Kata Kadis kepada wartawan di Kupang, senin (26/8).

Menurutnya, Untuk pembudayaan ikan air tawar dinas telah menyiapkan sebanyak 10 kelompok yang tersebar dibeberapa kelurahan. ikan air tawar yang akan dibudidayakan masyarakat yakni ikan lele, nila dan ikan bawel putih.

Pengembangan ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan ikan di Kota Kupang.

Sedangkan untuk bidang penangkapan,Thom mengatakan, Dinas kelauatan dan Perikanan akan memenuhi perlengkapan penangakapan,yakni pukat, dan alat pendukung lainnya bagi para nelayan berupa tenda, coolbox ,dan peralatan pembuatan abon ikan serta dendeng ikan.Peralatan ini plafon anggaran yang disiapkan sebasar Rp 50 juta.

Namun dalam memperoleh dana itu, masyarakat dimaksud harus membuat kelompok kemudian mengajukan proposal,dan nantinya proposal tersebut akan diverifikasi di tingkat keluarahan bersama tenaga pendamping dan selanjutnya dikirim ke Dinas untuk dilakukan pembagian dana tersebut.

Selain itu, kata Thomas, dinas juga berencana menata pemasaran dengan pemanfaatan pasar Higenis di wilayah Pasir Panjang.

(sumber: inspirasiindonesia)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan