DKP Jambi Berencana Membuat Pakan Ikan Murah Dari Rumput Laut

Untuk mensiasati mahalnya pakan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi menggagas penggunaan pakan ikan murah yang terbuat dari rumput air. “Kami masih melakukan kajian dan beberapa studi di daerah yang sudah melakukan inovasi pakan ikan murah ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Saipuddin di Jambi, Sabtu.Pakan Ikan Murah dari rumput laut

Menurut dia, salah satu kendala yang dialami para peternak ikan adalah harga pakan ikan yang dinilai mahal sehingga tak jarang petani ikan merugi saat harga pakan ikan mahal dan tidak sebanding dengan harga ikan yang dihasilkan.

Bahkan, kata dia, untuk menyiasati harga pakan ikan yang mahal itu, beberapa petani ikan di Jambi mulai berinovasi membuat pakan ikan sendiri.

“Pakan ikan dari rumput air ini tengah kami pelajari di daerah lain. Salah satunya adalah di Sidoarjo,” katanya.

Harga pakan ikan rumput itu, kata dia, lebih murah dibanding pakan ikan atau biasa disebut pelet. Jika harga pakan ikan biasa mencapai puluhan ribu rupiah per kilogram, harga pakan ikan rumput itu hanya Rp 3.000 per kilogram.

“Selain dari bahan rumput air, pakan ikan murah ini juga tengah dipelajari terbuat dari bahan kotoran sapi atau biogas untuk dimanfaatkan menjadi pakan ikan murah,” tambahnya.

Untuk diketahui, Jambi merupakan salah satu daerah di Indonesia penghasil patin, sebagian besar nelayan kolam di daerah ini merupakan peternak patin.

Bahkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (DKP) telah menunjuk Jambi menjadi salah satu dari tiga provinsi di Indonesia sebagai daerah sentra fillet patin. Peluncurannya akan diresmikan langsung oleh Menteri KKP, Sharif Cicip Sutarjo, Sabtu.

Berdasarkan data di DKP Provinsi Jambi, produksi budi daya kolam ikan patin pada 2012 mencapai 24.827,4 ton. Sementara jumlah petani ikan budi daya di daerah ini pada 2012 tercatat mencapai 17.448 kepala keluarga.

(Sumber : Antara News)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan