Dasar – Dasar Budidaya Ikan Air Tawar Kolam Tanah

Dasar Dasar Budidaya ikan air tawar sangat diperlukan agar memperoleh hasil yang diharapkan. Untuk kali ini kami mencoba berbagi tentang dasar – dasar budidaya ikan air tawar pada kolam tanah. Apa saja dasar dalam budidaya ikan kolam tanah? Mari kita simak poin – poin berikut ini:

kolam tanah budidaya ikan air tawar

1. Perairan :

Air kolam dalam keadaan alkalis atau netral memberikan pengaruh yang baik dari pada perairan yang bersifat asam. pH 4 mematikan ikan. pH6.5 – 9 adalah keadaan yang paling baik untuk perikanan. Air yang baik yaitu air yang cukup mengandung oksigen. Dan alat yang digunakan untuk mengukur pH dengan menggunakan pH meter atau kertas pH.

2. Tanah :

Pada budidaya ikan digunakan tanah yang tidak produktif ( tanah yang baik untuk pertanian ) Untuk budidaya yang mengandalkan makanan alami maka lumpur didasar kolam sangat diperlukan karena dapat meningkatkan kesuburan kolam.

3. Pengeringan kolam :

Kolam perlu dikeringkan tiap satu atau dua tahun. Saat pengeringan maka dasar olam akan bersentuhan dengan sinar matahari dan udara, sehingga dapat mengembalikan kesuburan tanah serta dapat mematikan isekta dan parasit yang membahayakan ikan.

4. Pemupukan :

Produksi ikan di kolam lebih banyak di tentukan oleh tingkat kesuburan tanah, oleh sebab itu kolam perlu dipupuk. Baik pupuk kandang, kompos maupun pupuk buatan. Pemakaian pupuk kandang perlu pelapukan sebelum dimaskkan kedalam kolam. Dosis pupuk kandang sekitar 0,5 kg sampai 0,75 kg permeter .

Demikianlah sekilas mengenai dasar dasar yang harus diperhatikan sebelum penebaran benih benih ikan pada kolam tanah agar didapatkan hasil yang maksimal.

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan