Budidaya Perikanan Sebagai Peluang Investasi

BUDIDAYA perikanan di menjadi peluang investasi yang sangat bagus, dan telah disosialisasikan di Kalimantan Barat. Kepala Badan Penanaman Modal Daerah Kalbar Sri Jumiadatin mengungkapkan lokasi investasi sektor tersebut tersebar di seluruh Kalbar. “Ada budidaya air tawar, air payau, maupun budidaya ikan laut,” ujar Sri.Ia menuturkan budidaya air tawar yang diusahakan hingga saat ini terdiri atas kolam air tenang, pagong alam, dan keramba. Potensi lahan untuk budidaya kolam atau pagong alam diperkirakan seluas 101.740 hektar. Jenis komoditi yang potensial dikembangkan antara lain udang galah, tengadak, kaloi, gurame, jelawat, betutu, dan toman.

investasi budidaya ikan air tawar

“Untuk usaha budidaya air payau atau tambak di Kalbar, peluang usahanya sekitar 29.303,99 hektar,” jelas Sri.Usaha budidaya air payau ini tersebar di enam kabupaten dan kota. Di Kabupaten Sambas peluang usahanya seluas 6.545 hektar, Kabupaten Pontianak dan Kubu Raya seluas 16.134,59 hektar, Ketapang 6.452,62 hektar, Kota Singkawang 99,6 hektar, dan Bengkayang 71,28 hektar.

“Komoditi yang dapat dikembangkan yakni udang windu, kepiting, kakap, serta jenis udang lainnya,” kata Sri.Tak hanya air tawar dan payau, Kalbar juga berpotensi untuk investasi budidaya ikan laut seluas sekitar 13.018,48 hektar. Peluang investasi ada di enam kabupaten dan kota. Di Kabupaten Pontianak seluas 1.628 hektar, Bengkayang 599,98 hektar, Sambas 7.561,84 hektar, Kubu Raya 2.442,05 hektar, Ketapang 761,59 hektar, dan Kota Singkawang 24,09 hektar.

Sri menuturkan jenis komoditi yang dapat dikembangkan pada budidaya ikan laut diantaranya rumput laut, ikan kakap putih, kerapu, baronang, dan teripang.Menurut Sri, pihaknya selalu memberikan informasi mengenai berbagai unggulan dan komoditi yang menjadi peluang investasi, baik kepada pengusaha, tamu pemprov, maupun pihak-pihak yang menjajaki peluang investasi di Kalbar. “Kalbar juga banyak memiliki peluang investasi, termasuk bidang lainnya seperti pertambangan, batu mulia, dan pariwisata,” katanya

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan