Budidaya Ikan Gurame Semakin Diminati di Kabupaten Limapuluh Kota

Banyak terdapat kolam pembesaran ikan gurami di Kabupaten Limapuluh kota, usaha pembesaran ikan gurame dinilai mampu meningkatkan pendapatan petani/peternak ikan, karena harga panen ikan cukup tinggi, ikan gurami dijual pedagang Rp. 35 Ribu/kg. Hal tersebut menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan gurami di Kabupaten Limapuluh Kota semakin diminati.

kiat memacu pertumbuhan ikan gurame

Seorang petani ikan di Kecamatan Guguk, Zulkifli Damhur mengatakan, walau pemeliharaan ikan gurami lebih panjang waktu pemeliharaannya dibanding dengan jenis ikan lain, tapi lebih diminati petani ikan, karena rasa daging ikan lebih enak.

“Jika serius memeliharanya dengan makanan yang cukup, dalam masa pemeliharaan satu tahun, beratnya akan mencapai 1/5 kg per ekor. Lagi pula, pada kolam ukuran 10 x 10 meter bisa ditebar benih gurami sebanyak 900 ekor. Tapi, kesulitan petani ikan adalah modal pembelian benih gurami yang sebesar otak korek api berharga sekitar Rp.5 000 per ekornya.” sebutnya.

Dijelaskankanya, saat ini untuk membeli benih gurami tidak sulit, karena sudah banyak tersedia di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. Selain di Andaleh dan Mungo, Kecamatan Luak, juga sudah berkembang ke Kecamatan Lareh Sago Halaban. Seperti di Jorong Tareh, puluhan anggota kelompok membibitkan ikan gurami, bahkan kelompok itu memasok bibit ikan gurami ke berbagai kota dan kabupaten di Sumbar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Limapuluh Kota, Refilza yang dihubungi sebelumnya membenarkan, budidaya ikan gurami semakin diminati petani. Pasarannya cukup luas harga menjanjikan. Begitu juga dengan benih gurami dipasarkan di Sumbar dan Riau, Peternak ikan mempersiapkan jurus baru sesuai dengan teknologi perikanan yang telah mereka peroleh.

Selain para peternak ikan menjual ke berbagai daerah, pasar benih ikan Limapuluh Kota, di Andaleh juga mampu membeli bibit ikan gurami masyarakat Jorong Tareh, di pasar benih ikan tersebut pengelola membeli dan menjual benih maupun bibit ikan gurami, untuk memcepat menghasilkan duit bagi petani ikan.

Tak hanya itu, di Lareh Sago Halaban, sudah banyak ditemukan pembudidaya ikan konsumsi berbagai jenis, seperti ikan gurami, mas/rayo, lele dumbo, patin di kolam, mina padi maupun di perairan umum. Sehingga peningkatan panen ikan di kawasan Lareh Sago Halaban cukup menjanjikan, ulasnya.

(sumber: bakinnews)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan