Budidaya Ikan di Sekadau Kalbar Sangat Menjanjikan

Melihat peluang pasar yang cukup baik untuk ikan air tawar di kabupaten Sekadau – kalbar,  Wakil Bupati Sekadau, Rupinus, mengajak masyarakat untuk melirik bidang usaha ternak ikan. Apalagi Pemerintah Kabupaten Sekadau telah membangun fasilitas berupa Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Kecamatan Sekadau Hilir dan Nanga Mahap. Di BBI tersebut, tersedia berbagai jenis benih ikan yang cocok dibudidayakan di Sekadau seperti ikan lele, ikan emas dan nila.

budidaya ikan kolam terpal di pinggir rumah

“Budidaya ikan cukup menjanjikan jika ditekuni. Apalagi sekarang pemerintah sudah menyediakan benih ikan yang ada di BBI Sekadau Hilir dan Nanga Mahap. Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke Anjungan untuk beli bibit,” kata Wakil Bupati Sekadau Rupinus, Selasa.Dia menambahkan, membudidaya ikan, tidak membutuhkan modal awal dalam angka besar. Cukup menyediakan kolam atau keramba serta benih sudah cukup untuk memulai usaha. Jika tidak mau repot membuat kolam, bermodal terpal pun cukup.

“Sekarang orang sudah banyak yang bikin kolam pakai terpal. Biayanya lebih ringan dibanding kolam galian. Saya sendiri mengaku telah mencoba memulai beternak ikan,” katanya. Untuk benih, ia membeli dari BBI Nanga Mahap. Saya juga sudah mencoba. Benihnya saya beli dari BBI Mahap. Sekarang ikan di kolam  sudah mulai tumbuh besar.

“Jika kesulitan mengembangkan sendiri, masyarakat membentuk kelompok tani agar lebih mudah dalam hal pemeliharaan dan pemasaran, jika membentuk kelompok peternak ikan, bisa mengajukan bantuan kepada pemerintah,” pungkasnya.
(sumber: antarakalbar)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan