Budidaya Ikan di Lahan Gambut

Karena kadar keasaman tanah dan air di atas ambang normal, lahan gambut menjadi sebuah tantangan bagi para pembudidaya ikan selama ini. Melakukan usaha budidaya di lahan gambut memerlukan ketelitian serta kesabaran dalam budidaya ikan khususnya ikan patin dan nila, seperti yang dikembangkan oleh kelompok pembudidaya ikan Basarang Harapan Kita serta kelompok pembudidaya ikan lainnya disekitar Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas.

budidaya ikan air tawar lahan gambut

Pembudidaya ikan dilahan gambut Kuala Kapuas, diharapkan lebih banyak belajar dan selalu konsultasi kepada tenaga teknis terkait berkenaan dengan budidaya ikan tersebut. Kendala yang lain yang harus diperhatikan dalam melakukan tebar benih ikan, ada musim rawan (musim penghujan) antara bulan Desember sampai Maret. Di bulan ini biasanya disertai dengan musim tanam disekitar area budidaya, sehingga konsisi air terkadang berbau busuk bahkan keasamaan air kadang-kadang di atas atau di bawah ambang normal untuk ikan.

Untuk menyiasati hal ini pembudidaya ikan dilahan gambut harus tetap waspada, selalu menjaga kondisi air dan drainase keluar masuk air ke kolam bila perlu ditutup untuk sementara waktu. Hal lain yang perlu diperhatikan pula adalah pemberian pakan, sementara kondisi air belum normal pemberian pakan ikan hendaknya diambang normal.

(sumber: potensilahangambut.blogspot.com)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan