Budidaya Gurame Kolam Terpal – Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan

Beraneka macam ikan air laut banyak diminati oleh masyarakat karena rata-rata memang memiliki rasa yang lebih gurih daripada ikan air tawar. Namun, banyak juga ikan air tawar yang memiliki potensi pasar yang sangat besar di sektor penjualan ikan konsumsi serta menjadi usaha yang menjanjikan di Indonesia. Salah satu contoh paling umum adalah ikan lele yang bisa diternakkan oleh siapa saja baik lewat media kolam tanah maupun kolam terpal.

budidaya ikan gurami di kolam terpal

Bahkan di suatu daerah trend menternakkan ikan lele konsumsi di pekarangan rumah sempat menjamur di berbagai perkampuang yang ada di daerah-daerah. Masyarakat memang lebih suka menternakkan jenis ikan yang mudah dalam perwatan dan masa panen yang relatif singkat. Ada berbagai jenis ikan yang bisa diternakkan meski itu di pekarangan rumah.

Selain lele, belut, ikan nila dan gurame adalah jenis ikan yang sering diternakkan masyarakat di pekaranga lewat media terpal. Namun potensi yang lebih menguntungkan dari usaha ternak ikan bisa didapat dari menternakkan ikan gurame. Mengapa harus ikan gurame? Karena ikan gurame lebih banyak memiliki kelebihan dibanding jenis-jenis ikan konsumsi lain sekelasnya.

Banyak kelebihan yang bisa kita dapat dari menternakkan ikan gurame seperti, harga lebih mahal, perawatan relatif mudah, masa panen hampir sama dengan ikan-ikan ternak lainnya, rasa lebih gurih. Itulah beberapa kelebihan yang membuat banyak peternak ikan lebih memiliih ikan jenis ini untuk dibudidayakan menjadi usaha yang menjanjikan.

Kolam terpal lebih mudah

Untuk menternakkan ikan gurame dalam media kolam pembesaran, kita bisa menggunakan media kolam praktis yakni kolam terpal. Kolam terpal tentunya lebih efektif dibanding harus menggali lubang untuk kolam tanah. Kolam terpal juga bisa dibongkar sewaktu-watu bila sudah tidak digunakan. Dalam proses penggantian air, kolam terpal juga bisa dibilang praktis.

Menternakkan ikan gurame dalam terpal tentu bukan hal yang baru. Dengan memiliki modal yang cukup, kita bisa membuat kolam terpal sesuai dengan modal yang kita miliki. Selain itu lebar lahan atau pekarangan yang ada juga menjadi patokan untuk menentukan lebar kolam serta banyaknya benih ikan yang akan kita ternakkan dalam kolam pembesaran.

Usaha yang menjanjikan ini mudah dalam perawatan

Ikan gurame pada dasarnya bisa kita perlakukan sama seperti menternakkan ikan lainnya seperti ikan nila, mujaher maupun ikan lainnya. Yang terpenting kondisi air selalu dalam keadaan layak dan bersih, serta terdapat air yang menagalir agar kondisi air bisa terus stabil. Untuk masalah pakan pun sangat mudah didapatkan di toko-toko pakan ternak. Pemberian pakan biasanya dilakukan di pagi dan sore hari. Bila belum cukup paham dalam hal perlakuan atau perawatan ikan gurame, kita pun bisa belajar lewat buku-buku ternak dan juga dari internet.

Harga relatif tinggi

Jika kita sedang berada di rumah makan khusus ikan bakar, mungkin gurame bakar merupakan menu yang bisa dibilang cukup mahal dibanding ikan-ikan jenis lainnya. inilah alasan yang membuat beberapa peternak ikan membidik peluang usaha yang menjanjikan dari menternakkkan ikan gurame.

(sumber: modalkecilbisnis)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan