Bitung Membutuhkan Pasokan Ikan Mencapai 1000 Hingga 1100 Ton Per Hari

Kebutuhan ikan di Bitung terbilang sangat besar dalam setiap harinya, dari data yang didapatkan, Sejumlah perusahaan ikan yang ada di Kota Bitung membutuhkan pasokan ikan puluhan ton setiap harinya.

Menurut Benny Eduard Kepala Acounting PT Shing Sheng Fa Ocean pihaknya menerima pasokan ikan setiap harinya dari para nelayan dan kapal-kapal ikan. “Untuk pasokan tidak bisa diperoleh sesuai dengan kemauan kita, misalnya 30 ton dalam sehari hanya dapat 5 hingga 10 ton semua jenis ikan,” kata Benny. Dijelaskannya kondisi tersenut dari kacamatanya lebih condong disebabkan karena cuaca.

“Jadi harus dispesifikasikan kalau langka atau berkurang jenis ikan apa dimaksud apakah Tuna, Deho, Cakalang, Bebby Tuna dan Malalugis agar jangan di genaralisir jika terjadi masalah dalam pasokan,” tuturnya. Untuk kapasitas tampung pasokan ikan per harinya bisa 30 hingga 40 Ton semua jenis ikan tidak bisa lebih dari 40 Ton.

“Kadang tidak masuk sekaligus 40 Ton, biasa bertahap 10 ton atau sehari sudah 40 ton distop nanti lanjut besok harinya lagi bisa juga tergantung juga ruang pembekuan yang ada di perusahaan yang kapasitasnya 40 Ton,” kata dia. Dijelaskannya untuk ikan dari perusahaan tersebut yang dieksport adalah ikan utuh, hanya dibersihkan kotorannya lalu dieksport.

“Sekali eksport gunakan 40 fit konteiner isi 2600 box dalam box isi 10 kilo atau 26 Ton, untuk pemasaran lokal 13 hingga 15 Ton dalam sebulan mampu. Untuk eksport dilakukan sejumlah 3 hingga 5 konteiner tergantung permintaan eksport dan pasokan ikan,” tambahnya.

Untuk pemasaran sendiri sejak tahun 2010 baik eksport dann lokal bisa capai 286 Ton, 2011 468 Ton, 2012 842 Ton. “Tiap tahun ada peningkatan namun kadang kalau tidak ada ikan diambil dari Jakarta namun itu merupakan ikan hasil tangkapan di Bitung karena merupakan mitra.

Sementara negara tujuan eksport Singapura dan Taiwan belum ke Negara lain karena terbentur nilai surat pengolahan ikan (SPI) yang harus great A sementara kami hanya great C,” pungkasnya. Sementara Mawar manager HRD PT Alianca kota Bitung kapasitas produksi 60 MT per harinya.

“Untuk ikan Yellow fin dan Cakalang tujuan export 75 persen ke eropa, 25 persen ke Amerika,” kata Mawar sambari menambahkan untuk eksport sendiri dilakukan tergantung permintaa buyer. Terpisah kepala Dinas perikanan dan kelautan kota Bitung Hengky Wowor menjelaskan kota Bitung memerlukan pasokan ikan ribuan ton per hari. “Jadi buntuk Bitung perlu 1000 hingga 1100 Ton semua jenis ikan per harinya,” kata Wowor.

(sumber: tribun manado)

analisa usaha budidaya ikan air tawar

Peta Alamat Surya Mina Farm

Tinggalkan Pesan